Monday, 10 July 2017

"Kambira Baby Grave" Kuburan Bayi di Batang Pohon Tarra'

Kambira Baby Grave / Passilliran
Sebuah nama tempat objek wisata yang tidak asing lagi masyarakat Toraja termasuk wisatawan yang pernah berkunjung ke Toraja. Objek wisata yang terdengar sedikit berbeda dengan objek-objek wisata kuburan yang membuat nama Toraja terdengar sampai di berbagai negara di belahan dunia ini.
Nama yang sedikit unik tentu tempatnya memang unik. Kuburan bayi pada sebatang pohon.. kalimat ini terdengar tidak lazim dan akan mmunculkan pertanyaan di dalam hati.  kuburan di pohon??? bagaimana mungkin sebuah pohon bisa dijadikan kuburan? namun pertanyaan itu akan terjawab ketika anda mengunjungi Kambira.

Objek Wisata Kambira



Foto IG: @roiocrico

Di tengah hutan bambu, sebuah pohon Tarra’ berdiameter sekitar 80 cm tampak gagah berdiri. Kontras dengan lingkungan sekitarnya. Pada batang pohon ini, beberapa ijuk berbentuk persegi menempel layaknya sebuah aksesoris. Ijuk ini berasal dari pohon enau yang digunakan sebagai penutup sebuah lubang tempat ditaruhnya mayat-mayat bayi. Ya, itu adalah kuburan pohon untuk bayi atau disebut ‘passiliran‘. Kambira Baby Grave.


Pohon Tarra yang sudah berumur ratusan tahun ini tidak lagi tumbuh seperti pohon-pohon lain karena beberapa tahun yang lalu pohon ini tersambar petir entah berapa lagi pohon ini akan bertahan. Hanya beberapa tumbuhan menjalar dibatang pohon ini yang membuatnya masih terlihat hidup.

Foto IG: @riapapermoon

 Kambira adalah sebuah nama sebuah kampung di kecamatan Sangalla' kabupaten Tana Toraja tepatnya di sebelah Timur kota Makale ibu kota Tana Toraja. Jaraknya pun tidak terlalu jauh hanya sekitar 10 km dari kota makale dengan infrastruktur jalan yang sudah bagus bisa ditempuh selama 15 menit sedangkan dari kota Rantepao ibu kota Toraja Utara sejauh 15km dengan estimasi waktu tempuh sekitar 30 menit melalui kampung ke'te kesu dan 45 menit melalui Tete Bassi (Jembatan sebelum SPBU Makale.
Foto Instagram: Riki_belopadang
Penjual Souvenir Kambira

Tidak perlu takut karena hampir semua mansyarakat Sangalla mengetahui keberadaan objek wisata ini, tinggal tanyakan Kuburan Bayi/ Passiliran Kambira. Dari arah makale objek wisata ini terletak di sebelah kiri jalan poros sangalla lebih tepatnya kurang lebih 200 meter setelah lapangan sepakbola Sangalla/ SMP Kristen Sangalla.


Tahun 2016 kemarin fasilitas di objek wisata ini sudah dibenhi seperti tangga menuju pohon/passiliran, pagar pengaman dan fasilitas utama seperti Toilet untuk memberi kenyamanan bagi pengunjung. Harga tiket masuk Rp. 10.000 untuk wisatawan domestik dan 20.000 untuk wisatawan manca negara. Lokasi yang cuup strategis terletak di dekat dengan pusat keramaian di kecamatan Sangalla sehingga tidak perlu kawatir dengan kebutuhan untuk makanan minuman serta ATM dll. selain itu objek wisata ini letaknya tidak jauh dengan objek wisata lain di Sangalla seperti Suaya, Tampang Allo, Makula, Museum Buntu Kalando, Sa'pak Bayo-Bayo dan objek wisata lain.

Mungkin cukup sedikit gambaran tentang Objek Wisata Kambira Baby Grave di Sangalla' kab. Tana Toraja. Terima kasih telah menyempatkan singgah di blog Portal Solata.

Info Objek Wisata Terdekat/ Silahkan klik link
Salam Portal Solata
Kurre Sumanga/ Thank You

0 komentar:

Post a Comment