Friday, 5 February 2016

Yuuk ke Toraja Naik Pesawat...


Toraja sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Indonesia tentunya tidak bisa terlepas dari kenyamanan dalam transportasi. Sebagian besar wisatawan yang mengunjungi toraja mengunakan alat transportasi darat seperti bus, jasa travel atau mobil rental. Memang tidak salah menggunakan jasa bus mengingat pelayanan bus jurusan toraja bisa dikatakan sebagai salah satu pelayanan bus terbaik di indonesia atau mungkin bisa dikatakan sebagai pelopor kenyamanan transportasi bus di indonesia. Terkadang banyak orang tidak bisa mengunjungi tanah yang dijuluki sebagai Negerinya Orang Mati yang Hidup karena alasan jarak yang jauh yang harus ditempuh dengan perjalanan yang cukup lama. 

Pesawat di Bandara Pongtiku
Sebagian besar orang yang mengunjungi toraja hanya terpaku dengan transportasi darat dan mungkin tidak banyak orang yang tau dengan penerbangan pesawat yang melayani rute Toraja. Perjalanan dari Toraja ke Makassar atau sebaliknya yang biasa ditempuh dengan transportasi darat/bus selama 8 jam ditempuh hanya kurang lebih 40 menit dengan menggunakan pesawat. Toraja memiliki sebuah bandara yaitu Bandar Udara Pongtiku yang terletak di kecamatan Rantetayo berjarak sekitar 10 km dari kota Makale. Bandara yang memiliki landasan pacu sepajang 900 meter dan lebar 23 meter ini sudah beroperasi sejak tahun 1992 namun krisis ekonomi mengakibatkan bandara ini sempat berhenti beroperasi pada tahun 1999 dan kembali dibuka pada tahun 2000 dengan status Bandara Perintis. 
Bandara Pongtiku saat ini membuka beberapa rute penerbangan seperti Makassar, Mamuju dan Kolaka. Meskipun status bandara perintis bandar udara pongtiku selalu mengutamakan kenyamanan dan keamanan penumpang. Masalah transportasi dari bandara bukan lagi menjadi kendala karena menurut informasi dari Bapak Alex Rudi Nainggolan selaku kepala bandara Pongtiku pihak bandara telah menyiapkan kendaraan yang akan mengantarkan penumpang ke tujuan masing-masing. Semoga dengan adanya tulisan ini bandara yang pernah menjadi kebanggaan masyarakat toraja ini lebih dikenal lagi sembari menunggu selesainya bandara baru yang sementara di bangun di kecamatan menkendek yang diperkirakan baru selesai di tahun 2018. Berikut ini info penerbangan Bandar Udara Pongtiku beserta nomor kontak yang dapat dihubungi untuk menanyakan atau pemesanan tiket pesawat.

1. Makassar - Toraja / AVIASTAR
Selasa & Jumat
Harga Tiket: Dewasa Rp 350.000, Bayi Rp 40.000

2. Toraja - Makassar / AVIASTAR
Selasa & Jumat
Harga Tiket Dewasa: Rp 370.000, Bayi Rp.60.000

3. Mamuju - Toraja / AVIASTAR
Jumat
Harga Tiket: Dewasa Rp 264.000, Bayi: Rp 31.000

4. Toraja - Mamuju / AVIASTAR
Jumat
Harga Tiket: Dewasa Rp: 285.000, Bayi: Rp 50.000

5. Toraja - Kolaka / SUSI AIR
Selasa ( Minggu 1,3,5 ) / Rabu ( Minggu 2,4 )
Harga tiket : Dewasa Rp. 350.000, Bayi: Rp. 40.000

6. Kolaka - Toraja / SUSI AIR
Selasa ( Minggu 1,3,5) / Rabu ( Minggu 2,4 )
Harga Tiket Dewasa Rp. 346.000, Bayi: Rp. 38.000

CP Agen / Pemesanan Tiket
- TORAJA : 082348959515 ( Lasma C )
- MAKASSAR : 081341979015 ( Intan )
- KOLAKA : 085315635888 ( Neneng )
- MAMUJU : 085396151067 (Mimi )

Berikut ini penulis melampirkan beberapa dokumentasi foto Bandar Udara Pongtiku.


Kantor Bandar Udara Pongtiku
Pesawat Aviastar di Bandar Udara Pongtiku
Gubernur Sulsel Syarul Yasin Limpo Saat Turun dari Pesawat Aviastar
Ruang Tunggu Bandara Pongtiku
 Pesawat yang Melayani Penerbangan Bandara Pongtiku
Crew Pesawat dan Pegawai Bandara Pongtiku
Penumpang Yang Baru Tiba di Bandara Pongtiku
Keamanan Tetap Menjadi Prioritas Utama Bandara Pongtiku
Itulah sedikit ulasan tentang info dan jadwal penerbangan Bandar Udara Pongtiku yang kami dapatkan dari beberapa sumber semoga infomasi ini bermanfaat bagi kita semua.
Kurre Sumanga


Sumber Referensi :
- https://id.wikipedia.org/wiki/Bandar_Udara_Pongtiku
- http://www.bumn.go.id/angkasapura1/berita/1907/Pongtiku.Sebagai.Bandara.Komersial
- https://www.facebook.com/bandarudarapongtikutanatoraja

1 comment:

  1. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah
    BUKA PESUGIHAN PUTIH TAMPA TUMBAL

    ReplyDelete