Monday, 21 September 2015

Pesona Batu Tumonga " Negeri di Atas Awan"


Mendengar kata toraja mungkin yang terbersit dalam benak anda adalah  upacara pemakaman, kerbau yg mahal, rumah tongkonan dan kuburan yang dipenuhi tengkorak dan tulang belulang, tapi sebenarnya toraja adalah  salah satu daerah yang menyimpan sejuta potensi. Keindahan alam adalah salah satu pesona yang bisa anda temukan di toraja. 
Sebuah sudut jalan di kampung batu tumonga
Foto: Eric Mapaley
Udara yang dingin dan segar, kabut tebal dan awan seperti kapas, terasering sawah yang ditutupi padi yang menguning semua bisa anda temukan di Batu Tumonga. Sebuah kampung kecil yang terletak di lereng gunung sesean yang merupakan gunung tertinggi di toraja. Penat dengan rutinitas di kota yang penuh polusi mungkin anda dapat melepaskannya di sini dengan menghirup segarnya udara pegunungan, sambil menikmati panorama alam yang membentang di bawahnya. 
Ketika anda mengunjungi batu tumonga jangan heran kalau anda menjumpai batu besar di tengah sawah dengan sebuah miniatur rumah tongkonan disampingnya, ya bukan toraja namanya kalau tidak unik menguburkan jenazah didalam batu besar adalah sebuah tradisi dari nenek moyang orang toraja, tidak peduli letak batu yang digunakan baik itu di tebing,disamping rumah, di gunung bahkan di sawah pun banyak di jumpai.
Lautan awan menutupi kota rantepao dan sekitarnya
Foto: Indonesian Holic
Foto: Randy. W
Menghabiskan pagi anda di batu tumonga akan menjadi sebuah momen yang anda harus rasakan, ketika kampung batu tumonga diselimuti oleh kabut dan sekumpulan awan putih yang menutupi daerah disekitar mungkin anda akan merasa sedang berdiri di sebuah negeri lain, berdiri ditengah awan putih dan perlahan awan itu akan hilang tertiup angin seiring munculnya matahari dari balik awan. Ketika awan putih mulai mehilang dari jauh anda akan melihat sebuah kota kecil di kelilingi sawah dan bukit, ya itulah kota rantepao. dari batu tumonga anda bisa menikmati pemandangan kota rantepao dan kampung kampung disekitarnya.

Batu tumonga adalah sebuah kampung kecil yang jauh dari hiruk pikuk keramaian kendaraan, mungkin anda hanya akan menemukan masyarakat yang sedang melakukan aktivitasnya baik itu yang ke sawah ataupun anak sekolah yang berangkat berjalan kaki menuju sekolahnya. Menikmati hangatnya segelas kopi toraja yang nikmat di pagi hari adalah pilihan yang tepat sambil menikmati dinginnya udara batu tumonga.
Sudah terlalu jauh membahas batu tumonga mungkin anda butuh sedikit petunjuk untuk sampai disana. batu tumonga berjarak sekitar 20 km dari kota rantepao. untuk sampai kesana ada beberapa pilihan transportasi yang bisa anda gunakan bisa dengan menumpang kendaran umum dari terminal bolu rantepao, menyewa/mobil/motor yang akan membawa anda ke batu tumonga pilihan ini lebih direkomendasikan demi kenyamanan mengingat jalan yang berkelok-kelok. Tak jarang di jumpai juga turis-turis asing yang memilih jalan kaki/tracking dengan melewati jalur berbeda yang lebih dekat tapi lebih menanjak.
Pemandangan sawah disekitar kampung batutumonga
Foto: Penerbit
Tinimbayo salah satu pemandangan dalam perjalanan menuju batu tumonga
disini terdapat penginapan dan coffee shop
Foto: Penerbit
Ketika sampai disana anda direkomendasikan untuk bermalam agar bisa menyaksikan keindahan batutumonga di pagi hari. tak perlu takut akan masalah penginapan di batutumonga terdapat beberapa losmen/wisma di samping itu juga terdapat sebuah hotel tentunya dengan harga yg sedikit lebih mahal. itulah sedikit informasi tentang destinasi wisata batu tumonga, orang sering menyebutnya dengan Negeri di Atas Awan semoga bisa menjadi bagian dalam agenda wisata anda .

Salam Portal Solata

1 comment: