Wednesday, 23 September 2015

Bagian ke II: Berbagai Jenis Kerbau "Tedong" Yang Ada di Toraja



Lanjutan...
Baca Bagian I: Jenis Kerbau Berdasarkan  Corak Warna Kerbau

Berdasarkan Bentuk Tanduk Kerbau.

Selain warna bulu kerbau untuk mengadakan suatu acara pemakaman yang sempurna maka keluarga bangsawan harus menyiapkan tedong tanda (wajib ) untuk sebuah upacara pemakaman yang besar. Maka kerbau di toraja juga di bedakan jenisnya berdasarkan bentuk tanduk kerbau. Berikut ini jenis-jenisnya.

Tedong Ballian

Tedong Balian

Jika di lihat secara sepintas jenis kerbau yang satu ini adalah yang juara,hal ini di karenakan ciri utama dari kerbau ini terletak pada tanduk yang panjangnya bisa sampai 2 meter, dengan badan gempal,dengan corak warna hitam ke abu-abuan, kebanyakan kerbau ini di kebiri. Tedong balian merupakan kerbau yang sudah langka dan merupakan tedong tanda (wajib) untuk upacara pemakaman bangsawan toraja sehingga harganya juga mahal diatas 100 juta. Ciri identik dengan kerbau balian adalah tanduknya yang panjang ke samping tidak seperti kerbau normal pada umumnya.

Tedong Tekken Langi'

Tedong Todi' Tekken Langi'
Salah satu jenis kerbau yang unik karena tanduk yang tidak sejajar,jenis kerbau ini dapat kita jumpai di setiap pesta adat lengkap,dengan ciri khusus tanduk sebelah kiri naik,sementara sebelah kanan ke bawah atau sebaliknya. kerbau ini merupakan kerbau yang langka dan harganya juga mahal diatas kisaran 100 juta rupiah.

Tedong Sokko 

Tedong Bonga Sokko
Kerbau ini hampir sama dengan kerbau lainnya yang membedakan adalah bentuk tanduk yang unik karena mengarah ke bawah dan hampir bertemu di bawah leher. Tedong sokko jenis kerbau yang sudah langkah dijumpai dan merupakan tedong tanda (wajib) untuk melakukan ritual pemakaman untuk bangsawan toraja. Setiap tahun harga kerbau jenis ini semakin mahal dan akan lebih mahal lagi ketika kerbau berwarna belang. Harganya berkisar 50 juta sampai ratusan juta rupiah.
 
Itulah informasi yang dapat di bagikan tentang jenis-jenis kerbau yang ada di toraja baik itu dari corak warna kerbau ataupun dari bentuk tanduk kerbau. Mungkin masih ada yang tidak sempat dituliskan  ataupun perlu dikoreksi dari tulisan ini, silahkan sampaikan di kolom komentar. Semoga portal solata bisa memperbaiki dan melengkapi kekurangan dari tulisan ini.
Kurre Sumanga'

Salam Portal Solata
Sumber Foto: Grup Facebook Komunitas Pecinta Tedong Silaga

0 komentar:

Post a Comment