Monday, 30 March 2015

Akomodasi Transportasi di Toraja


Toraja yang merupakan salah satu tujuan wisata di Indonesia tentunya akan ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik dan mancanegara. Wisatawan yang berkunjung sebagian tidak mengunakan jasa travel sehingga tentunya harus mencari dan memilih alat transportasi sendiri untuk mengunjungi tempat tertentu atau objek-objek wisata di Toraja. Dengan kondisi alam toraja yang didominasi daerah pengunungan maka diperlukan alat transportasi yang tepat dan tentunya nyaman bagi anda. Berikut ini beberapa akomodasi transportasi yang bisa menjadi pilihan anda ketika berkunjung ke Toraja yang diperoleh dari berbagai sumber. 

1. TAKSI TORAJA / TORAJA TAXI
Armada Toraja Taxi
Toraja Taxi di Sepuran Kota Rantepao,
Foto: Herson Pasuang
Taksi Toraja adalah salah satu alat transportasi yang baru di Toraja. Alat transportasi ini beroperasi di sekitar Kota Rantepao sampai Kota Makale dan menjangkau beberapa kecamatan  seperti Kec. Sangalla', Mengkendek , Sanggalangi, Sa'dan, Tondon, serta beberapa kecamatan lain. Taksi Toraja tidak dapat menjangkau semua wilayah di Toraja dikarenakan kondisi jalan dan thopograpi yang kurang memungkinkan. Walaupun sedikit mahal dari angkutan lain Taksi Toraja bisa digunakan untuk kenyamanan dan ketika malam hari ketika angkutan umum sudah tidak beroperasi. Untuk menggunakan jasa Taksi Toraja silahkan hubungi nomor telp : 081331873250 / 082188784232.

2. TAKSI MOTOR (SITOR)
Taksi Motor (Sitor)
Salah satu desain Taksi Motor yang didesain oleh SMK Tagari Rantepao,
Foto: Tabloid Kareba
Sitor adalah salah satu akomodasi transportasi di Toraja akan tetapi angkutan roda tiga ini hanya beroperasi di sekitaran kota Rantepao jadi hanya menjangkau beberapa objek wisata yang dekat dengan kota rantepao. Sitor atau di daerah lain disebut dengan nama bentor bisa memjadi pilihan anda ketika ingin menikmati suasana Kota Rantepao selain itu layaknya taksi, sitor akan mengantar anda sampai tempat tujuan tentunya dengan ongkos yang ramah kantong tapi jangan lupa menawar sebelum menggunakan jasa sitor. Sitor dapat dijumpai di  setiap sudut kota Rantepao kecuali pada jam sibuk Sitor dilarang beroperasi pada jalan-jalan tertentu.

3. RENTAL MOBIL
Transportasi ini bisa anda gunakan ketika anda berkunjung ke Toraja bersama teman-teman anda. Rental mobil akan lebih efisien karena akan lebih ramah kantong apabila costnya dishare bersama teman anda selain itu bisa anda kemudikan sendiri. Tarif yang ditawarkan rental mobil di Toraja tidak terlalu mahal masih sekitaran Rp. 300ribu sampai 400ribu perhari diluar sopir, kalau anda menggunakan jasa sopir tarifnya akan sedikit lebih mahal sekitar 500ribu-600ribu perhari semua tergantung dari jenis mobilnya. Rental mobil bisa ditemukan disekitar kota makale dan rantepao atau menghubungi tourist information. Berikut ini beberapa no telepon rental mobil yang diperoleh dari bebagai sumber:
Hp: 0852 4782 8440
alamat JL. Pongtiku No.9 Pantan, Makale,
Hp: 081244441882

Hp: 085243087705
Hp: 082192943810
Silahkan dihubungi.

4. RENTAL MOTOR
Transportasi alternativ lain yang bisa menjadi pilihan anda ketika anda melakukan solo travel atau hanya beberapa orang adalah dengan mengunakan jasa rental motor. Rental motor mejadi pilihan yang tepat kalau anda ingin mengexplore objek-objek wisata yang ada di kampung-kampung di Toraja. Tarif rental motor di Toraja tidak terlalu mahal masih sama dengan daerah lain yaitu sekitar Rp 70ribu-100ribu perhari semua tergantung dengan jenis motor dan proses tawar menawar dengan pemilik rental. Rental motor dapat ditemukan dengan muda di kota Rantepao dan Makale. Kebanyakan tempat penginapan juga menyediakan fasilitas rental motor. Berikut tempat rental motor di sekitar kota rantepao
- Bagus TIC
, Jl. Mangadil no 25, Rantepao;  
- TIC
Jl. Penanian, Rantepao;
- Wisma Maria 1,
Jl. DR. Sam Ratulangi, Rantepao;
- Lebonna Tourist Service
, Jl. Monginsidi no 102, Rantepao

5. ANGKUTAN UMUM
Ada perlu jeli ketika ingin menggunakan angkutan umum di Toraja, karena angkutan umum di Toraja kebanyakan menggunakan kendaraan minibus seperti mobil kijang , Innova, APV, Avanza,dan Xenia sehingga anda harus memperhatikan pelat mobil untuk membedakan apakah mobil pribadi atau angkutan umum. Angkutan ini hanya melalui jalur-jalur tertentu yang menjadi penghubung kota makale dan rantepao serta kecamatan-kecamatan lain. Angkutan ini hanya beroperasi pada pagi sampai menjelang malam kecuali untuk jalur kota Makale-kota Rantepao beroperasi sampai malam hari. Selain itu juga terdapat pete-pete (Angkot) tapi hanya beroperasi dalam kota.

6. OJEK
Akomodasi transportasi yang terakhir ini bisa menjadi pilihan yang tepat jika anda melakukan solo travel, kenapa? ada beberapa kelebihan memilih ojek, selain ramah kantong anda tidak perlu takut nyasar, anda akan diantar sampai objek wisata, dan tukang ojek yang mengantarkan anda bisa merangkap sebagai guide anda. Tarif yang di tawarkan masih dalam batas wajar sekitar Rp: 100ribu-200ribu/hari tergantung rute objek wisata yang anda pilih dan kelihaian anda dalam menawar.

Itulah beberapa informasi Akomodasi Transportasi di Toraja yang diperoleh dari beberapa sumber.
-https://tondoktorayaku.wordpress.com
-http://komunitas.torajaland.com

Mari dukung pariwisata Toraja dengan meng Klik dan Like WONDERFUL TORAJA

0 komentar:

Post a Comment