Thursday, 11 June 2015

Kuliner Khas Toraja


Wisata kuliner toraja tidak sepopuler kuliner di daerah-daerah lain di indonesia seperti Masakan Padang. Meskipun demikian toraja juga memiliki kuliner yang tidak kalah enak dengan daerah lain. Berikut ini ada beberapa makanan khas dari toraja, dan maaf kalau ada sebagian yang bersifat khusus.

1. PA'PIONG
Makanan ini adalah makan yang dimasak dengan mengunakan bambu biasa menggunakan sayur bulunangko (mayana) dan bisa juga menggunakan Burak ( pohon pisang ) yang masih muda. Pa'piong dibagi dalam beberapa macam sesuai dengan bahan baku pembuatannya.
Pa'piong Bale
Pa'piong bale adalah ikan yang dimasak didalam bambu dengan dicampurkan dengan bumbu-bumbu tertentu. Ikan yang biasanya digunakan adalah ikan mas yang dicampur dengan daun bulunangko (mayana). 


Pa'Piong Bai ( Babi )
Pa'piong Babi adalah masakan terbuat dari daging babi yang dicampur dengan sedikit rempah-rempah bersama dengan lombok katokkon (cabe asli toraja) dan sama seperti pa'piong bale di masak dengan menggunakan bambu hingga matang.

Yang penasaran dengan Lombok Katokkon baca: Pedasnya Cabai Katokkon Toraja
 
Pa' Piong Manuk ( Ayam ) 
Manuk dalam bahasa indonesia artinya ayam jadi Pa'piong Manuk ini adalah masakan dengan bahan dasar dari daging ayam. Cara pengolahan atau pembuatannya sama dengan pembuatan pa'piong babi yaitu daging ayam dicampur dengan daun mayana  dan bumbu lalu bisa ditambahi dengancabe rawit atau lombok katokkon.


2. PANTOLLO PAMMARASAN
Seperti masakan pa'piong masakan ini juga dibedakan beberapa macam tergantung bahan baku yang digunakan seperti berikut ini.
Pantollo Lendong (Belut)
Pantollo’ Lendong  merupakan masakan khas Toraja yang terbuat dari belut yang diolah dengan pamarasan (rawon) yang dicampur dengan sedimikian rupa menggunakan rempah-rempah khas toraja. Makanan ini biasanya disajikan dalam acara-acara adat masyarakat Toraja.
 

Pantollo' Duku ( Daging Babi)
Pantollo’ Duku  sama saja dengan pantollo lendong yang menggunakan daging babi sebagai bahan utama yang diolah dengan pamarasan (rawon) yang dicampur dengan bumbu-bumbu khas toraja termasuk lombok katokkon yang luar biasa pedasnya.

 
Pantollo Bale (Ikan)
Sama dengan pantollo lendong dan duku, yang membedakan adalah bahan utama yang digunakan yaitu ikan. Masakan ini biasanya hanya mengunakan ikan mas sebagai bahan walaupun tidak menutup kemungkinan menggunakan ikan lain seperti ikan lele.

3. PA'TONG atau RW
Pa'tong, Tarki atau RW sebenarnya makanan yang ada dibeberapa daerah di indonesia dengan nama berbeda yang terbuat daging anjing yang diolah dengan menggunakan berbagai macam bumbu dan rempah. Yang membedakan masakan Pa'tong adalah cara pengolahan dan bumbu-bumbu yang digunakan. Pa'tong terkenal dengan rasa pedasnya yang luar biasa karena menggunakan cabe rawit dan lengkuas sebagai bumbu utama. Makanan ini hanya bisa ditemukan di tempat-tempat tertentu dan bisa dibilang harganya lumayan mahal untuk wilayah diluar toraja. Meskipun ini makanan yang spesial bagi orang toraja nyatanya tidak semua orang toraja makan makanan ini entah karena berbagai macam alasan.
 
4. TU'TUK UTAN
Tu'tuk dalam bahasa indonesia adalah tumbuk sedangkan utan adalah sayur dan disini sayur yang digunakan adalah daun singkong. Ini adalah masakan khusus karena bahan yang digunakan adalah daging babi selain itu tu'tuk utan di toraja dimasak kering tidak seperti di daerah lain yang kebanyakan menggunakan kuah. Cara pembuatannya sangat gampang yaitu daun singkong ditumbuk tapi tidak sampai halus kemudian di masak dengan daging yang dipotong kecil-kecil ditambah parutan kelapa dan cabe rawit atau lada katokkon yang di potong-potong bukan diulek. Soal masalah enaknya tidak perlu diragukan karena ini adalah salah satu masakan favorit orang toraja. 

5. POKON
Pokon adalah salah satu panganan tradisional khas toraja yang disajikan pada acara-acara syukuran atau ibadah. Pokon memiliki bentuk yang hampir sama dengan lontong, yang membedakan adalah bahan, ukuran dan bungkusnya. Makanan ini terbuat dari beras ketan biasaya ketan hitam yang dicampur dengan kelapa parut lalu dibungkus dengan menggunakan daun bambu. Pokon biasanya disajikan dengan kopi dan teh, hingga saat ini belum ditemukan pokon yang dijual.

Itulah beberapa info masakan khas toraja yang portal solata dapat dibagikan . mohon maaf jika ada sebagian makanan yang hanya khusus untuk non muslim.
Mari dukung pariwisata toraja dengan Klik dan Like halaman
WONDERFUL TORAJA

7 comments:

  1. Ah, makanan-makanan kesukaan saya,
    mohon ijin pinjam salah satu gambar untuk blog saya, akan saya link ke blog ini. Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. english please

    ReplyDelete
  4. oo bende, to'do elok tiroi....

    ReplyDelete
  5. wah, kuliner toraja itu banyak sekali ya kak

    ReplyDelete