Monday, 1 June 2015

Menikmati Wisata Kuliner di Toraja


Toraja gak hanya terkenal dengan tongkonannya yang apik, kerbau belang yang harganya selangit, kuburan  dan tengkoraknya atau pesta adatnya yang sangat mahal. Kuliner khas Toraja juga patut jadi bagian waktu kunjungan Anda. Hmm, apa yang khas dari Toraja?
 
Pa'piong Ayam warung Pong Buri.
Warung ini telah berdiri sekirar 20 tahun lebih dan reputasi warung ini sangat  populer di Kota Rantepao sebagai warung yang menyajikan makanan khas Toraja. Warungnya memang sederhana akan tetapi kelezatan menu masakannya menjadikan warung ini warung yang tersibuk ketika jam makan siang. Setiap pagi pelayan warung sibuk memasak hidangan makanan untuk tamu siang hari mulai dari pegawai sampai bule-bule pun ikut antri untuk menikmati masakan di warung Pong Buri. Beberapa menu masakan warung Pong Buri yaitu Pa'Piong Ayam, Ikan Pammarrasan, dan masih banyak menu lainnya. Disini juga disiapkan ballo' Toraja bagi yang ini merasakannya tapi jangan sampai lewat batas karena minuman ini mengandung alkohol.
Pa' Piong Ayam warung Pong Buri'
Ikan Pammarasan

Coto Kerbau Rantepao
Sebuah warung kecil sederhana yang menyajikan coto kerbau yang terletak di Kota Rantepao kabupaten Toraja Utara. Tidak sulit untuk menemukannya karena warung ini merupakan satu-satunya yang menyajikan hidangan coto kerbau di kota Rantepao anda cukup bertanya kepada orang-orang maka anda akan menemukannnya. Coto merupakan hidangan sup dari kota makassar yang mengunakan berbagai macam bumbu dan rempah rempah yang dihidangkan dengan ketupat, yang membedakannya dengan  coto di Toraja adalah daging yang digunakan  jika biasanya di tempat lain menggunakan daging sapi maka di Toraja yang digunakan adalah daging kerbau. Harganya coto kerbau disini bisa dibilang lebih mahal sedikit dari coto di tempat lain sekitar 25.000/porsi tapi harganya akan terbayar oleh rasanya yang nikmat dan kebersihan tidak perlu diragukan 

Hidangan Coto Kerbau dengan Ketupat

Jus Tamarillo/ Terong Belanda 
Salah satu minuman khas Tana Toraja yang paling booming adalah Jus Tamarillo . Jus yang terbuat dari terong belanda ini sangat segar dan nikmat . Terong Belanda alias Tamarillo atau tomat pohon ini mempunyai bentuk oval atau bulat telur, berukuran 3-10 cm x 3-5 cm,  dengan bagian meruncing ke dua ujungnya, bergelantungan, bertangkai panjang, daun kelopaknya tidak rontok, licin, daging buahnya mengandung banyak sari buah, agak asam, berwarna kehitam-hitaman, ungu, jingga bahkan sampai kekuning-kuningan, serta memiliki kulit buah yang tipis. Sewaktu muda warnanya kuning dan seiring dengan matangnya buah, kulit buah berubah menjadi keunguan. Bijinya bulat pipih, tipis, dan keras. Sekilas hampir mirip dengan Markisa. Meski menyandang nama Terong, jangan pernah membayangkan kalau terong yang satu ini dapat digunakan sebagai lalapan seperti terong sayur pada umumnya.  Karena terong belanda ini sama sekali memiliki fungsi yang lebih kepada buah daripada sayuran. Untuk menikmati minuman ini bisa kita temukan di cafe atau restoran di sekitar kota rantepao dan Makale harganya juga masih  nyaman untuk kantong.


Jus Tamarillo/Terong Belanda
Pizza Kinaya
Bagi anda yang menyukai makanan ala barat anda tidak perlu takut sebuah cafe yang sederhana yang terletak di pusat kota Rantepao dan sangat nyaman untuk berkumpul bersama teman-teman sambil menikmati hidangan makanan dan minuman yang nikmat.  Di sini tersedia berbagai macam menu makananan indonesia dan barat dengan harga yang ramah kantong. Pada hari-hari tertentu cafe yang ramai bule-bule asing ini akan menyajikan live perfomance music yang akan membuat anda nyaman dan menikmatinya.


Pizza Kinaya
Pengunjung Pizza Kinaya
Live Performance Music


Itulah beberapa dari banyaknya referensi wisata kuliner yang bisa dijumpai di Toraja.
Mari dukung pariwisata Toraja dengan meng Klik dan Like WONDERFUL TORAJA 
 

4 comments:

  1. Saya suka yang ikan pammarasan. Kelihatannya lezat banget. Mudah-mudahan suatu saat bisa menikmatinya. Adakah makanan-makanan tersebut bisa dinikmati di daerah Jawa?

    ReplyDelete
  2. Ya... mdah2an suatu saat nanti anda bisa menikmatinya.. masakan pammarasan adalah paling polpuler d toraja bisa mnggunakan daging atau ikan ditambah bumbu spesial dan cabai katokkon yang terkenal dari toraja...untuk pulau jawa mungkin blum ada.

    ReplyDelete
  3. makanan d atas kelihatannya enak2, tp syang, harganya dak cocok dg kntong mahsiswa hh

    ReplyDelete
  4. wah..banyak sekali ya kak kuliner toraja itu

    ReplyDelete