Tuesday, 10 March 2015

Sensasi Arung Jeram Sungai Sa'dan di Toraja

Toraja bukan hanya terkenal dengan objek wisata berupa makam yang ada di sisi tebing, namun Anda juga bisa melakukan kegiatan wisata arung jeram menyusuri Sungai Sa'dan . Bulan Desember merupakan saat favorit bagi pecinta arung jeram, menikmati sensasi arus Sungai Sa'dan. 
Sungai Saddang

Sungai Sa'dan, juga sering disebut Saddang oleh orang luar Toraja, merupakan tempat yang sangat tepat untuk kegiatan arung jeram karena sungai ini memiliki panjang sekitar 182 kilometer dan lebar rata-rata 80 meter, serta memiliki anak sungai sebanyak 294.
Pengarungan sungai Sa'dan ini dapat ditempuh selama 2 hari penuh dengan menginap di tengah perjalanan. Sebagai tempat menginap, Anda bisa beristirahat di sebuah rumah panggung yang biasa disebut lantang, yang terletak di pinggir sungai.

Menikmati Serunya Jeram di Sungai Sa'dan Toraja
Di sepanjang Sungai Sa'dan terdapat beberapa jeram dengan tingkat kesulitan yang berbeda, seperti jeram Puru dengan katagori tingkat kesulitan III, kemudian jeram Pembuangan Seba dengan kategori tingkat kesulitan IV, yaitu permukaan air di pinggir sungai yang lebar dan tiba-tiba menyempit dengan cepat.
 

Ada juga jeram Fitri dengan kategori tingkat kesulitan V, yaitu berupa patahan dan arus sungai yang menabrak batu besar yang dapat menyebabkan perahu menempel di batu dan terjebak di antaranya.

Sambil memacu adrenalin, Anda juga bisa menikmati topografi di sekitar Sungai Sa'dan yang indah dan hijau. Di sepanjang perjalanan, Anda bisa menyaksikan flora dan fauna yang beraneka ragam. Sesekali juga nampak gunung-gunung menyembul di sekitar sungai yang dilapisi oleh padang rumput sabana.

Sebagai titik awal, pengarungan Sungai Sa'dan dimulai dari jembatan gantung di Desa Buahkayu, Kabupaten Tana Toraja dan berakhir di jembatan Pappi, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.


Akses menuju, Makale ibu kota kabupaten Tana Toraja dari Kota Makassar dapat ditempuh dengan menggunakan jalur darat dan udara. Jalur darat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum selama kurang lebih 8 jam, sedangkan jalur udara dapat ditempuh dengan penerbangan perintis selama 2 jam. Saat ini sudah ada penerbangan reguler dengan Trigana Air dari Balikpapan-Rantetayo, Tana Toraja.


Sesampainya di Makale ibukota Tana Toraja, Anda dapat langsung menuju Rantepao,ibukota kabupaten Toraja Utara. Dari kota ini perjalanan dilanjutkan ke Desa Buah Kayu (tempat start pengarungan). Perjalanan dapat ditempuh dengan menggunakan mobil Jip selama kurang lebih 3,5 jam.

Selain sungai sa'dan di toraja masih ada sungai maiting yang digunakan untuk arung jeram, Arung jeram di sungai maiting mungkin akan dibahas dalam tulisan berikutnya

Bila Anda belum mempunyai pengalaman arung jeram, di lokasi tersedia river guide (pemandu sungai) yang profesional dengan biaya sebesar Rp1.250.000, per orang.


Kontak Operator Arung Jeram Toraja Sa'dan


Indo' Sella' Expedition
Perumahan Azalea Blok B/15, Panakkukang Mas
Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Telepon: (+62-411) 5073499
Hotline: (+62-813) 42270999
Faksimili : (+62 411) 439057

Sobek Expedition
Jl Pongtiku No 48, Rantepao, Tana Toraja, Indonesia
Telepon (+62-423) 21336
Faksimili (+62-423) 21615
Sumber : Toraja Cyber News


Mari dukung pariwisata Toraja dengan meng Klik dan Like WONDERFUL TORAJA

1 comment: