Wednesday, 13 August 2014

10 Hal Unik Yang Hanya Ada di Toraja


Kalau berbicara Toraja mungkin tidak akan ada habisnya. Kabupaten yang berjarak 350 km dari Kota Makassar ini sudah menjadi buruan wisatawan dari berbagai negara karena keunikan budayanya. Daerah yang kini sudah dimekarkan menjadi 2 kabupaten yaitu Tana Toraja dan Toraja Utara ini sudah menjadi salah satu destinasi wisata yang terus didorong dan didukung menteri Pariwisata untuk kembali menjadi destinasi wisata kedua di Indonesia setelah Bali. Pariwisata  Tana Toraja sempat mencapai masa kejayaannya sebelum terjadinya peristiwa  bom Bali, Toraja pada saat itu menjadi daerah terbanyak kedua yang dikunjungi wisatawan mancanegara setelah Bali.  Tak salah jika ada slogan yang berbunyi “ Jangan Mati Sebelum ke Toraja” karena ada banyak hal di Toraja yang mungkin tidak akan anda temukan di tempat lain Indonesia bahkan di dunia ini selain di Toraja. Berikut ini beberapa hal unik yang hanya ada di Toraja.

1. UPACARA PEMAKAMAN "RAMBU SOLO"
Melalui upacara Rambu Solo' inilah bisa anda saksikan bahwa masyarakat Toraja sangat menghormati leluhurnya. Prosesi upacara pemakaman ini  terdiri dari beberapa susunan acara, dimana dalam setiap acara tersebut anda bisa menyaksikan nilai-nilai kebudayaan yang sampai sekarang masih tetap dipertahankan oleh masyarakat Toraja. 

Prosesi Acara Rambu Solo' di Toraja

Upacara Rambu Solo yang Menghabiskan Biaya Sampai Miliaran Rupiah
 
2. BERBAGAI MACAM KUBURAN
Mungkin anda termasuk salah satu pembaca yang heran, kenapa beberapa obyek wisata di Toraja ini justru menyuguhkan tempat wisata yang terkesan sedikit menyeramkan, bukannya memamerkan keindahan alam. Namun, begitulah adanya dan nyatanya, kuburan unik di Toraja tersebut justru menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal. Kuburan di Toraja bermacam-macam ada kuburan gantung, kuburan batu, kuburan goa, dan kuburan pohon. Setiap kuburan cukup unik karena setiap  kuburan ini memiliki cerita masing-masing. Misalnya saja seperti bayi yang meninggal dan belum tumbuh gigi, maka akan dimakamkan di Pohon Tarra dengan maksud bayi tersebut dapat meminum getah pohon sebagai ganti ASI. baca selengkapnya di 5 Macam Kuburan Unik di Toraja.

Kuburan Gantung
Kuburan Pohon di Kambira, Sangalla'
Kuburan Batu "Liang" di Lo'ko Mata

3. ADU KERBAU "MA'PASILAGA TEDONG"
Ma' Pasilaga Tedong atau Tedong Silaga bukan lagi hal yang asing bagi sebagian orang yang pernah mengunjungi Toraja.  Ma' pasilaga tedong atau Adu Kerbau adalah sebuah tradisi di Toraja sejak dari nenek moyang yang tetap dilestarikan sebagai salah satu bagian dari rambu solo'. Tak ada salahnya jika tedong silaga bisa dikatakan sebagai salah satu daya tarik Toraja karena merupakan salah satu acara yang paling meriah dan menarik untuk disaksikan secara langsung. Selain menyajikan keseruannnya tedong silaga menyimpan keunikan keunikan tersendiri yaitu nama nama kerbau yang unik unik.


Ma' pasilaga Tedong

4. CARA MENYEMBELIH KERBAU "MA' TINGGORO TEDONG"
Ini merupakan tradisi yang bisa disebut uji adrenalin karena beberapa orang tidak berani untuk menyaksikan acara ini secara langsung karena takut atau mungkin tidak tega melihat kerbau tersebut, akan tetapi bagi orang Toraja ini adalah tradisi dan sudah menjadi hal yang biasa bagi mereka. Mungkin bisa dibilang kalau acara ma'tinggoro ini menjadi sebab Parang Toraja di kenal sampai diluar Toraja karena ketajamannya, cukup satu kali tebas untuk membunuh seekor kerbau.

Ma' tinggoro Tedong
8. RUMAH ADAT  "TONGKONAN"
Tongkonan adalah rumah tradisional masyarakat Toraja. Terbuat dari tumpukan kayu yang dihiasi dengan ukiran berwarna merah, hitam, putih dan kuning. Kata “tongkonan” berasal dari bahasa Toraja yang berarti tongkon ”duduk”.Tongkonan merupakan pusat kehidupan sosial suku Toraja. Ritual yang berhubungan dengan rumah adat ini sangatlah penting dalam kehidupan spiritual suku Toraja. Oleh karena itu semua anggota keluarga diharuskan ikut serta karena melambangan hubungan mereka dengan leluhur mereka. Ada beberapa macam jenis rumah tongkonan sesuai fungsi dalam masyarakat.

Rumah Tongkonan di Ke'te Kesu
 
6. UPACARA PENGGANTIAN BAJU JENAZAH "MA NENE"
Di  Toraja ada sebuah ritual atau kebiasaan dalam prosesi pemakaman cukup unik dan mungkin terasa menyeramkan. Mayat yang telah disemayamkan bertahun-tahun di sebuah tebing tinggi, kuburan batu, atau kuburan patani akan diupacarakan kembali dengan menganti semua pakaian dan mendandani layaknya orang yang hidup. Saat ini acara ma' nene yang bisa kita lihat ditoraja bukan lagi mayat berjalan seperti yang terjadi pada jaman dulu tetapi saat ini hanya sebatas menganti baju jenazah/mummi kemudian mengerakkan mayat tersebut layaknya orang berjalan .

Prosesi Acara Ma' Nene'
 
7. ADU KAKI "SISEMBA"
Ini adalah satu atraksi budaya Toraja yang mungkin tidak ada di daerah lain. acara ini sangat menarik untuk disaksikan karena atraksi ini lebih mirip dengan tauran namun sisemba ini hanya menggunakan kekuatan kaki. Acara sisemba diadakan setelah panen sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen. Acara ini biasanya dilakukan dengan melibatkan puluhan sampai ratusan orang namun tetap dengan rasa kekeluargaan sehingga tidak terjadi rasa dendam diantara peserta.

Atraksi Sisemba di Kande Api
 
8. PEMANDANGAN ALAM
Toraja tidak hanya terkenal karena budaya dan tradisinya tapi toraja juga terkenal dengan alamnya. Pernahkah  anda mendengar sebuah daerah bernama Batutumonga? Inilah salah satu pilihan wisata alam terbaik yang dimiliki Indonesia.
Mengunjungi Tana Toraja di Sulawesi Selatan, Anda bisa langsung melaju hingga ke Batutumonga. Salah satu pilihan destinasi wisata alam yang sayang jika Anda lewatkan orang sering menyebutnya "Negeri Diatas Awan". Batutumonga adalah sebuah desa yang memiliki udara yang sejuk selain itu mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan terasering sawah yang begitu indah dan akan lebih indah ketika bertepatan dengan menguningnya padi petani. Deretan tongkonan beserta lumbung yang berdiri kokoh akan menjadi pemandangan yang menghiasi perjalanan anda dan pada titik-titik tertentu anda akan melihat puluhan rumah tongkonan yang tersusun begitu indah .


Eksotisme Pemandangan Rumah Tongkonan dan Tebing Batu
Negeri di atas awan di Batutumonga


9. KOPI TORAJA
Tidak dapat di pungkiri kalau kopi toraja kini sudah terkenal di dunia internasional. Kopi yang memiliki rasa yang unik ini  berasal dari pegunungan Toraja sudah sangat terkenal di negara lain seperti Jepang yang kini menjadi pengimpor kopi terbesar dari Toraja. "Ingat Kopi.. Ingat Toraja.. lebih nikmat minum kopi Toraja di bumi Toraja" sebuah slogan yang kini digunakan pemerintah untuk mempromosikan kopi Toraja. menikmati segelas kopi Toraja ketika berkunjung ke Toraja menjadi pelengkap kunjungan anda.

Kopi Toraja dan Kue Tori'

10. TENUN TORAJA
Kain Tenun Toraja merupakan salah satu warisan leluhur yang masih di jaga kelestariannya sampai saat ini. Kain tenun Toraja memiliki kedudukan yang sangat tinggi dalam budaya masyarakat Toraja . Kain tenun memegang peranan penting dalam berbagai upacara adat, juga berfungsi sebagai simbol kemakmuran dan kejayaan. Di masa lampau hanya orang-orang tertentu saja yang mampu memiliki kain-kain tersebut misalnya kaum bangsawan atau masyarakat ekonomi mampu.

Berbagai Motif Tenun Toraja

  *****
Demikianlah beberapa hal unik yang ada di Toraja dan masih banyak lagi keunikan-keunikan Toraja yang mungkin tidak akan anda temukan di tempat lain. Jangan pernah ragu untuk memasukkan Toraja kedalam agenda wisata anda karena Toraja akan menjadi sebuah momen yang tidak akan pernah anda lupakan. Anda tidak perlu ragu karena Toraja dikenal karena sikap toleransi dan keramahan orang-orangnya.
"Jangan Mati Sebelum ke Toraja" sebuah ungkapan yang keluar dari mulut-mulut yang takjub dengan Toraja dan akan membuat anda bertanya-tanya ada apa dengan Toraja??? Negeri orang mati yang hidup???


Sumber foto: Google Picture
Mari dukung pariwisata Toraja.

Salam Portal Solata 

16 comments:

  1. Tradisi dan budaya yang unik dari Toraja yang sangat indah dan menjadi aset untuk tetap di lestarikan ya Sob ?

    Salam

    ReplyDelete
  2. mantap te artikel bos..

    salama',
    Ato

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurre sumanga sangmane.
      Salama' duka...

      Delete
  3. istimewa memang toraja, update lg info2 kk, coba di ekspos kebudayaan ritual zaman dahulu toraja yang mulai ditinggalkan spt : pa' barasan, ritual alukta, ma'bugi, pakande deata, dll. tabe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurre sumanga sarannya, nanti kita coba cari infonya.

      Delete
  4. Krenn jempol 5 buat toraja bangga jadi tautoraya 👏👍👍👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang sudah seharusnya kita bangga sebagai orang toraja. :-)

      Delete
  5. 1o Keunikan itu hanya bisa di nikmati dan mendatangkan Devisa jika sarana utamanya nenunjang yakni Transportasi.
    Semoga dgn dibukanya kembali Penerbabgan
    Makassar - Toraja PP
    Balikpapan - Toraja
    Mungkin bisa menyusul
    Toraja Bali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul pak Sarungu. Promosi harus diimbangi dengan pembenahan fasilitas2 pendukung lainnya. Seperti akses menuju objek wisata. Fasilitas objek dan Transportasi yang memadai.

      Delete
  6. sesering mungkin mengupload budaya #Toraja via medsos sebagai salah satu pintu masuk market wisata di Toraja.
    Patarru'i siulu'

    ReplyDelete
  7. Kontennya bagus min... :) Semangat menulisnya..

    ReplyDelete
  8. unik sekali gan di toraja itu ya

    ReplyDelete
  9. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai "10 hal unik yang ada di toraja".
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di disini

    ReplyDelete
  10. Yes, keunikan ini menjadi Objek Wisata Dunia dari bumi Lakipadada, Toraja, Sulsel, Indonesia. Kiranya pemda tetap melestarikan,
    Sebenarnya masih ada yang unik lainnya tetang adat, budaya dan SDA Toraja yang perlu di kaji dan dipuplikasikan ke dunia sebagai sala satu keunikan di Toraja.

    ReplyDelete