Wednesday, 1 July 2015

Sensasi Pedas Cabai Katokkon Toraja

Cabai katokkon
Toraja memang terkenal dengan budaya yang unik, pemandangannya yang indah dan nikmatnya kopi toraja dan masih banyak hal lain yang membuat toraja dikenal, cabai katokkon salah satunya, orang toraja menyebut cabai dengan sebutan Lada. Ketika anda mendengar kata cabai mungkin yang kita ingat adalah rasa pedasnya. Lada katokkon atau dalam bahasa ilmiah namanya (Capsicum annuum L. var. sinensis) ini mempunyai  aroma wangi yang khas dan menggugah selera. Cabai yang merupakan salah satu cabai terpedas didunia ini berwarna hijau saat mentah, oranye menjadi merah segar saat matangnya, tapi jangan terkecoh dengan bentuknya yang unik dan warnanya yang cantik ketika anda mencicipinya mungkin anda perlu meneteskan beberapa tetes air mata karena rasanya yang ekstra pedas. Karena rasanya yang khas dan nikmat cabe ini sudah primadona untuk beberapa masakan tradional toraja seperti pa'piong, pantollo pammarasan, dan beberapa masakan lainnya.
Tanaman ini tumbuh di tempat-tempat tertentu pada ketinggian 1000-1500 Mdpl salah satunya di Toraja. Katokkon dapat tumbuh subur dan banyak ditemukan di toraja sehingga cabai katokkon sudah indentik sebagai cabai khas toraja. Banyak orang yang sudah pernah mencoba cabai katokkon menyebutnya dengan sebutan cabai biadab mungkin karena rasanya yang sedikit menyakitkan di mulut. Cabai katokkon merupakan salah satu komoditas unggulan toraja dan harganya pun cukup menjanjikan.  

Cabai Katokkon di Pasar Tradisional
Ketika berkunjung ke toraja anda wajib mencoba cabai ekstra pedas ini, tak perlu besusah-susah untuk menemukannya anda cukup berkunjung ke pasar-pasar tradisional atau penjual-penjual sayur maka anda akan menemukannya disana.
Bagi anda yang berada jauh atau ingin menjadikan katokkon sebagai buah tangan dari toraja anda tidak perlu kawatir karena saat ini cabai katokkon sudah diolah menjadi oleh khas toraja yang dikemas menjadi sambal katokkon dengan rasa yang sudah pas di lidah.

Cabai Katokkon Yang Sudah Diolah
Katokkon Oleh-Oleh Khas Toraja
Sebuah usaha ibu Merda Mangajun yang berlabel KATOKKON mengolah buah cabai katokkon menjadi sambal yang siap dinikmati kapan saja dengan berbagai rasa seperti katokkon rasa goreng, dendeng kerbau, sambal cair, saus sambal yang dikemas dalam kemasan berbagai ukuran sehingga cocok dengan kantong dan kebutuhan anda.
Jika anda masih penasaran ingin mencoba dan mencicipi berbagai rasa cabai katokkon yang sudah diolah anda bisa menemukannya dengan muda dibeberapa tempat di toraja. berikut ini alamatnya:
- ZEIST COM  Jl. Diponegoro No. 14 Rantepao
- ZEIST COM Jl. Merdeka No. 36 Makale
- Supermarket UJUNG JAYA dan ABADI di Rantepao, 
selain melayani penjualan secara langsung KATOKKON Juga melayani pemesanan online silahkan kunjungi website katokkon: http://katokkonworld.weebly.com/

Sumber : http://katokkonworld.weebly.com
Mari dukung pariwisata Toraja dengan meng Klik dan Like WONDERFUL TORAJA

1 comment: