Monday, 28 April 2014

Anjungan Toraja di Pantai Losari Makassar

Anjungan Toraja
Berkunjung ke Makassar tanpa ke Pantai Losari itu terasa kurang lengkap. Apalagi dengan adanya reklamasi Pantai Losari yang membuatnya semakin indah dan tertata rapi. Pantai Losari sudah tak sendiri dan kesepian lagi, jika setahun sebelumnya sudah diperkenalkan Anjungan Bugis - Makassar maka di penghujung tahun 2013 kembali diperkenalkan Anjungan Toraja - Mandar. Struktur bangunannya hampir mirip dengan adanya patung khas dari masing - masing daerah.
Awalnya Sulawesi Selatan memang terdiri dari 4 suku yaitu Bugis, Makassar, Toraja dan Mandar namun semenjak terbentuknya Provinsi Sulawesi Barat maka suku Mandar terpisah dari Sulawesi Selatan. Tak perlu kecewa, karena sejarah telah mencatat bahwa suku Mandar tetaplah bagian dari masyarakat Sulawesi Selatan terbukti dengan adanya Anjungan Mandar. Intinya Pantai Losari sekarang semakin lengkap dan keren, anda penasaran bagaimana bentuk Anjungan Toraja mandar. Untuk lebih lengkapnya ikuti penjelasan dibawah ini.

Anjungan Toraja berada di kawasan jalan penghibur tepatnya di sebelah utara tulisan Pantai Losari. Terdapat tulisan TORAJA sebagai tanda bahwa adanya suku Toraja di Sulawesi Selatan. Bukan hanya itu, ada juga patung tedong bonga, perempuan penari dengan pakaian adat toraja dan miniatur rumah adat tongkonan. Terkhusus untuk patung tedong bonga sangat terpampang jelas dengan corak warnanya yang khas. Tedong Bonga (Kerbau Belang) di Toraja itu harganya sangat mahal jika dirupiahkan sekitar ratusan juta dan biasa dijadikan persembahan upacara adat untuk para kalangan atas. Kesimpulannya Jika tak punya banyak waktu untuk berkunjung ke Toraja, cukup datang ke Pantai Losari namun itu tak cukup mengenal lebih dalam tentang Toraja.

 
Patung Penari Toraja

Patung Tedong Saleko

Patung Replika Rumah Tongkonan
Suku Toraja dikenal dengan kearifan lokalnya tentang memaknai arti sebuah kematian dan pemakaman. Ada banyak tourist asing dan lokal berkunjung ke Toraja karena rasa penasarannya dengan upacara adat Toraja yang mengadakan pesta ketika ada sanak keluarganya yang meninggal. Jangan heran jika destinasi wisata di Toraja kebanyakan kuburan dan upacara adat walaupun panorama alam Toraja juga tak kalah indahnya. Tak hanya itu rumah adat Toraja dikenal dengan rumah Tongkonan yang memiliki bentuk yang berbeda dengan rumah adat lainnya.
Sumber: http://www.indonesianholic.com
Back To Home


0 komentar:

Post a Comment