Tuesday, 24 December 2013

Toraja Internasional Festival 2013


Toraja Internasional Festival 2013 akan digelar pada Sabtu-Senin, (28-30/12/2013) di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara. Sejumlah pemusik ternama dari luar negeri ikut memeriahkan pagelaran akbar tersebut.
Hal ini diungkapakan oleh Direktur TIF 2013, Franki Raden. Ia mengatakan bahwa salah satu item kegiatan yakni World Music Camp.
Penutupan TIF yang digelar dalam kemah yang bertemakan world music camp, di Ge’tengan, Mengkendek. Daerah ini merupakan sebuah wilayah perkemahan raksasa yang akan di sulap menjadi arena festival World Music terbesar di dunia.
Di sana para pemusik dan penonton bakal tinggal bersama dan bergabung membentuk sebuah masyarakat komunal baru guna melakukan suatu kegiatan budaya yang harmonis. Toraja World Music Camp and Festival berlangsung dua hari mulai 29-30 Desember 2013.
Untuk penutupan TIF akan menampilkan kurang lebih sebanyak 300 perempuan yang melantunkan nyanyian mantra dan diiringi dengan grup Indonesia National Orchestra yang merupakan paduan alat-alat tradisional dari Sabang sampai Merauke.
“Seluruh grup musik dalam dan luar negeri, yang jumlahnya 20 kelompok ikut pada penutupan itu,” terang Franky.
Beberpa grup musik ternama akan unjuk kebolehan di acara tersebut, antara lain Aigul Ulkenbayeva dari Kazakhstan, Debu dari Amerika, Gilles Seassi dari Perancis dan Supakulu dari Zimbabwe.
“Mereka ini merupakan Maestro musik terbaik dinegerinya. Ini merupakan daya tarik tersendiri. Agar para turis bisa lebih menikmati kegiatan tersebut,” Jelas Franki dalam konfrensi persnya di Gedung Mulo, Jumat (20/12).
Selain dari grup musik dari luar negeri, ada juga grup musik budaya dari dalam negeri. Seperti Modero dari Palu, Kolintang Duo, Saleum dari Aceh, dan Basri Sila dan Batara Gowa dari Makassar.
Sumber:Antara
Video: Promo Toraja International Festival

0 komentar:

Post a Comment