Monday, 25 November 2013

Festival Toraja di Gelar Bersamaan Lovely December 2013

Pagelaran event pariwisata berskala internasional yang diberi tajuk Festival Toraja, dipastikan diundur hingga Desember 2013 mendatang. Festival ini akan digelar bersamaan dengan event Lovely December tahun 2013. “Ya, sebelumnya kita rencanakan Festival Toraja digelar pada akhir Agustus lalu, tetapi karena beberapa sebab, sehingga diundur ke Desember bersamaan dengan Lovely December,” jelas Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Tana Toraja, Jidon Sitohang, kepada Palopo Pos, Kamis 14 November kemarin.
Semula, kata Jidon, Pemkab Tana Toraja, Toraja Utara, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menjadwalkan pelaksanaan Festival Toraja pada 22-24 Agustus 2013 yang lalu.
Meski demikian, Jidon tidak menjelaskan alasan penundaan pelaksanaan Festival Toraja. Dia hanya menyatakan bahwa pelaksanaan Festival Toraja akan digelar bersamaan dengan event pariwisata tahunan lainnya, yakni Lovely Desember.
“Belum ada informasi yang jelas soal itu, terakhir kabar yang saya dengar, EO (Event Organized) yang belum siap. Tapi nanti kita akan jelaskan ke media penyebab sebenarnya dari pengunduran jadwal ini,” jelasnya.
Meski demikian, bupati menyatakan digabungnya pelaksanaan Festival Toraja dengan Lovely Desember dimaksudkan agar persiapan penyelenggaraan bisa lebih matang. Demikian pula dengan koordinasi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. Dengan begitu, gaung Festival Toraja dan Lovely Desember bisa lebih besar.
“Saya kira demikian. Penundaan ini semata-mata karena kita mau lebih matang dalam pelaksanaannya,” tegasnya.
Mantan Kabag Humas dan Protokoler ini menyatakan seluruh kegiatan yang akan digelar pada Festival Toraja dirancang oleh tim konsultan yang diutus oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
“Kegiatan Festival Toraja akan dilaksanakan di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara. Rencananya, pembukaan Festival Toraja yang baru pertama kali dilaksanakan pada tahun ini akan dipusatkan di Kabupaten Toraja Utara. Sementara penutupan Festival Toraja akan dipusatkan di Kabupaten Tana Toraja,” jelasnya.
Berbagai kegiatan seni, budaya dan olahraga pun akan dilaksanakan di Kabupaten Tana Toraja sepanjang Festival Toraja digelar. Diantaranya, pementasan seni dan budaya, sepeda gunung, sepak takraw dan lomba tangkap ikan tradisional.
Diyakininya, Festival Toraja yang pelaksanaannya digabung dengan event Lovely Desember 2013 akan lebih banyak dikunjungi para wisatawan, baik domestik maupun luar negeri.

Sumber: Palopo Pos

0 komentar:

Post a Comment