Sunday, 8 September 2013

Kopi Arabica Toraja, Kopi Specialty Yang Nikmat

  
Siapa yang tidak kenal si hitam yang satu ini? Ya… dari aromanya yang khas, setiap orang pasti mengenalinya, Kopi Arabika Toraja.
Kopi Arabika Toraja merupakan komoditas perkebunan utama dan merupakan penggerak utama perekonomian masyarakat pedesaan serta sudah dikenal luas di seluruh dunia sebagai kopi Arabica Spesialty karena rasa dan aromanya yang sangat spesifik. Sehubungan dengan potensi tanaman perkebunan yang dimiliki Kabupaten Toraja Utara maka Kopi Arabika Toraja telah ditetapkan sebagai produk unggulan kabupaten (PRUKAB).
Sebagai produk unggulan kabupaten maka dalam rangka meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Toraja Utara, Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara melalui Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. Toraja Utara telah melakukan berbagai terobosan kegiatan pengembangan budidaya Kopi Arabika Toraja baik melalui intensifikasi maupun ekstensifikasi, serta pembinaan pengolahan pasca panen Kopi Arabika Toraja melalui pembentukan kelompok tani kopi arabika toraja di setiap kecamatan yang berpotensi mengembangkan tanaman ini.

Kopi Arabika Toraja telah mengharumkan tanah asalnya pada even Lelang Kopi Speciallty Indonesia 2 (The Second (2nd) Indonesia Speciallty Coffee Auction) yang diadakan di Surabaya pada Oktober 2012 silam.
Pada acara lelang tersebut dilakukan cupping score oleh tim Penilai yang berasal dari USA, Australia, Korea, Taiwan, Meksiko dan Indonesia terhadap contoh kopi yang berasal dari beberapa daerah penghasil kopi di Indonesia, dan Kopi Arabika Toraja menduduki peringkat tertinggi dengan nilai 86,29 berhasil dilelang senilai  USA $45 atau Rp.423.000/kg. wow!!!!!

Yusianto, Pencicip Kopi International
Tak jauh beda dengan apa yang di ungkapkan oleh Yusianto, Pencicip Kopi Bersertifikat Internasional Pertama di Indonesia, dan telah mendapatkan sertifikasi Internasional dari Coffee Quality Institute, yakni penguji kopi di Amerika yang terkenal dengan Specialty Coffee Association of America (SCAA). telah mencicipi segala jenis Kopi dari seluruh Nusantara dan ditambah dari beberapa dari Luar Negeri, beliau berpendapat bahwa
“Kopi di seluruh Indonesia pernah saya cicipi, kemudian ditambah kopi-kopi dari luar negeri. Saya secara pribadi paling suka kopi Toraja, kopi arabica terbaik di Indonesia, karena aroma dan cita rasanya kuat. Cita rasanya sulit digambarkan, seperti cita rasa madu,” tutur ayah 7 anak ini……
Penasaran dengan cita rasa asli Kopi Arabika Toraja? Visit to Toraja n find it....

1 comment: